BPSPL Makassar Serahkan Bantuan Sarana Pengolahan Sampah Plastik Kepada Koperasi Mina Samudera - FIN PICTURE

FIN PICTURE

Akun ini merupakan media dan informasi seputar dunia perikanan, perencanaan wilayah dan Percetakan

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 07 Desember 2017

BPSPL Makassar Serahkan Bantuan Sarana Pengolahan Sampah Plastik Kepada Koperasi Mina Samudera

Penandatangan Berita Acara Penyerahan Bantuan Sarana Pengolahan Sampah Plastik. Lokasi PPS Kendari. Foto: Fin


Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) sedang melakukan aksi penanggulanagn marine debris. Terkait aksi nasional marine debris, KKP mempunyai peran dalam penanggulangan sampah di laut. Implementasi saat ini yang sedang dilakukan adalah terkait bantuan peralatan pengoalah sampah plastik dan sampah organik di lokasi prioritas, yaitu diantaranya di pelabuhan - pelabuhan perikanan dan kampung - kampung nelayan/pesisir.
Sarana Pengolahan Sampah Plastik. Foto: Fin

Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap yang memperoleh bantuan pengolahan sampah tersebut. Melalui kegiatan prasosialisasi pada bulan oktober lalu Bantuan tersebut kemudian dipercayakan kepada Koperasi Mina Samudera untuk dikelola dengan baik yang mana Koperasi Mina Samudera merupakan koperasi karyawan-karyawati PPS Kendari.
Pada Kamis (7/12) Ditjen PRL melalui Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar, menyerahkan Sarana Pengolahan sampah plastik kepada Koperasi Mina Samudera Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari. Pengolahan Sampah plastik di serahkan oleh Kepala BPSPL Makassar Bapak  Andry Sukmoputro kepada Ketua Koperasi Mina Samudera, Bapak Kurmawan, A.Pi.,M.Si didampingi Plt. Kepala PPS Kendari Bapak  Antonius Budi Utomo, A.Pi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Sulawesi Tenggara Bapak H. Askabul Kijo, M.Si. dan Bapak Arifin Rauf, ST, MT selaku perwakilan dari Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kota Kendari serta para penggiat lingkungan dan akademisi.

Foto Bersama BPSPL Makassar, PPS Kendari, Dinas KLH Kota Kendari, serta penggiat Lingkungan di Sarana Pengolahan Sampah Plastik PPS Kendari. Foto: Fin
Sarana pengolahan sampah plastik yang diserahkan antara lain alat pencacah plastik beserta sarana pendukung lainnya diantaranya bangunan alat tersebut diletakan. Kapasitas sarana pengolahan tersebut bisa mencapai 1 ton/hari. Sarana pengolahan sampah tersebut dibangun pada bulan oktober dan kemudian selesai dikerjakan pada akhir bulan November. Posisi sarana pengolahan tersebut berada di sisi barat lahan PPS Kendari. (Fin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar